Ads Top

Cara Diet Yang Benar Bagi Penderita Diebates

Cara Diet Yang Benar Bagi Penderita Diebates

Proses pencegahan ataupun penanganan terhadap kondisi sakit diabetes atau kencing masis mengharuskan penderitanya merubah total semua pola hidup yang sehat termasuk salah satunya penerapan pola diet diabetes secara baik. Hal ini harus di lakukan dengan tujuan agar dapat mengontrol diabetes dan kadar gula darah, serta untuk mencegah agar tidak terjadi komplikasi jangka panjang yang bisa disebabkan oleh diabetes.

Perubahan gaya hidup, pola hidup sehat dengan pola diet diabetes secara baik memang harus di lakukan jika ingin melakukan pencegahan terhadap kondisi diabetes yang lebih parah dan upaya pengobatan terhadap diabetes tentunya. Para penderita diabetes tetap bisa hidup sehat dan normal jika dapat menjalankan pola hidup sehat dan diet diabetes secara secara baik dan konsisten.

Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa penderita diabetes harus menjaga dan mencegah obesitas, Dengan menurunkan berat badan sebanyak 5 – 10% akan menurunkan kadar gula darah secara signifikan.

Mengatur Pola Makan

Selain berolah raga secara teratur, Perencanaan dan mengatur pola makan atau diet yang tepat sangat penting bagi penderita diabetes. Secara umum diet untuk diabetes hampir sama dengan program diet umum, namun perbedaan utamanya adalah penderita diabetes harus lebih memperhatikan pilihan makanan yang akan dikonsumsi, terutama kebutuhan akan karbohidrat. Berikut beberapa zat penting yang tetap harus di penuhi saat melakukan proses diet :

    Konsumsi makanan dengan kanduangan nutrisi tinggi
    Makanan dengan rendah lemak
    Makanan dengan rendah kalori atau mengandung kalori secukupnya


Tips Sukses Diet Diabetes

Makanan yang anda pilih dan anda konsumsi selama proses diet merupakan faktor paling penting dalam mengontrol diabetes itu sendiri, terlebih lagi jika dihubungkan dengan program menurunkan berat badan. Berikut ini adalah beberapa jenis zat penting dalam makanan yang perlu anda perhatikan.

Makanan Berserat Tinggi Dan Karbohidrat Kompleks

Karbohidrat merupakan salah satu zat penting dalam jenis makanan yang anda konsumsi yang dapat meberikan pengaruh besar terhadap kadar gula dalam darah. Agar diet diabetes dapat berjalan dengan baik makan Anda harus cermat dalam memilih jenis karbohidrat yang dikonsumsi, dianjurkan untuk mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan berserat tinggi. Dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks dan berserat tinggi maka dapat membantu menjaga level gula darah. Selain itu, karbohidrat kompleks akan memberikan energi lebih bagi tubuh dan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Beberapa Jenis makanan yang harus anda perhatikan untuk konsumsi saat proses diet diabetes antara lain yaitu dengan membatasi konsumsi nasi putih, batasi makanan yang mengandung pemanis atau gula, pasta, soda, alkohol, dan hindari juga konsumsi makanan ringan seperti snack. Sebagai gantinya penderita diabetes di sarankan untuk mengkonsumsi nasi merah, gandum atau roti gandum murni, dan jenis sereal yang mengandung serat dan nutrisi tinggi.

Mengontrol Diabetes Dengan Cara Diet Diebates

Selain memehubi kebutuhan karbohidrat, pelaku diet diabetes baik juga untuk perbanyak konsumsi sayur dan buah-buahan segar. Karen dalam beberapa jenis sayuran dapat memberikan nutrisi yang penting, misalnya saja brokoli dan bayam. Dan juga bebearapa jenis buah-buahan seperti apel, pir, persik, dan beri yang baik di konsumsi dengan tanpa tambahan gula.

Hati-hati Dalam Memilih Makanan Manis

Lebih berahati-hati dalam memilih makanan yang mempunyai kandungan gula manis adalah salah satu konsekwensi bagi pelaku diet diabates. Hal ini akan menjadi penting dalam penentuan berhasil tidaknya proses diet anda. Penderita diabetes tidak harus menghindari sama sekali makanan manis, namun tetap dapat mengkonsumsi makanan yang manis-manis. Hanya saja yang harus di perhatikan adalah porsi makan yang harus di batasi. Jangan terlalu banyak atau makan secukupnya dan tidak berlebihan. Jika pada keadaan tertentu anda harus mengkonsumsi makanan manis maka sebaiknya anda konsumsi saat jam makan sebagai penutup makan.

Hati-hati Dalam Konsumsi Makanan Berlemak

Seperti kita ketahui bersama bahwa beberapa jenis makanan dengan kandungan lemak mempunyai dampak negatif jika di konsumsi secara berlebihan dan dampak positif jika di konsumsi secara baik dan secukupnya. Hal ini juga berlaku bagi para pelaku diet diabetes dimana Anda harus lebih hati-hati dalam memilih jenis makanan berlemak yang baik untuk diet diabetes.

Berikut ini adalah 2 jenis lemak baik dan tidak baik yang perlu di perhatikan saat proses diet diabetes :

Lemak Tak Jenuh – Lemak tak jenuh adalah lemak yang baik untuk di konsumsi, beberapa jenis makanan yang mempunyai kandungan lemak tak jenuh antara lain seperti pada minyak olive, kacang-kacangan, kedelai dan susu kedelai, dan juga alpukat. Selain itu baik juga untuk mengkonsumsi asam lemak omega-3 yang berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh dan juga menjaga kesehatan otak dan jantung. Sumber lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan salmo, ikan tuna dan juga biji bunga matahari.
Lemak Jenuh – Lemak tak baik adalah jenis lemak jenuh yang terdapat dalam beberapa jenis makanan seperti pada daging merah/mentah, telur, keju, mentega, susu kemasan, es krim dan juga pada banyak makanan ringan atau snack. Bagi penderita diabetes, jenis lemak jenuh akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh, dan juga akan meningkatkan resiko penyakit jantung. Agar diet diabetes berjalan dengan baik sebaiknya Anda batasi atau hindari beberapa jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh tersebut untuk dapat membantu dalam mengontrol diabetes dan level gula darah.


Pola Makan Sehat dan Teratur

Kenaikan berat badan sebesar 5-10 kg dari berat badan yang sehat akan meningkatkan Seseorang terkena diabetes tipe 2 sebesar dua kali lipat dari pada orang yang tidak mengalami kelebihan berat badan. lebih dari 80 % penderita diabetes di ketahui mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Oleh karena itu Bagi penderita diabetes, menurunkan sedikit berat badan berlebih sangat berpengaruh dalam mengontrol kadar gula darah.

Mulailah untuk membiasakan diri dengan pola makan sehat dan teratur dengan makan 3 kali sehari, serta 2 kali makan ringan (snack) di antara jam makan. Jika pola makan secara teratur dan di lakukan secara baik maka kadar gula darah dan berat badan dalam tubuh akan terkontrol dengan sendirinya.

Itulah beberapa informasi tentang Tips mengontrol diabetes dengan cara diet diabetes. Selain pola makan atau diet di atas, lakukan juga olahraga secara teratur, setidaknya 15-30 menit setiap harinya. Olahraga ringan seperti berjalan, jogging, dan bersepeda dapat membantu dalam mengontrol diabetes. Semoga artikel di atas bisa bermanfaat bagi semuanya.

No comments:

Powered by Blogger.